SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANAKU

Wednesday, December 31, 2014

Sikap Kita Saat Ada Teman yang Curhat



Curhat atau curahan hati alias curcol adalah mengutarakan unek2 atau masalah kepada orang lain.

Pernahkan agan2 dijadikan tempat curhat oleh teman atau saudara?
Atau mungkin malah agan2nya yang cruhat ke orang lain?
Memang curhat kadang dibutuhkan, mungkin ini salah satu bukti bahwa manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Berkeluh kesah kepada Tuhan dalan do’a memang yang paling tepat karena setiap masalah yang kita alami Tuhanlah yang bisa membantu menyelesaikan, namun kita juga membutukan seorang tokoh real yaitu manusia lain yang mendengarkan (ada juga sih yang curhat sama hewan kesayangan atau bahkan boneka).


Sebagai orang yang dijadian tempat curhat, kita sebaiknya melakukan hal-hal berikut.
1.    Jadilah Pendengar yang Baik
Dengarkanlah dia sampai selesai. Maksudnya sampai intonasi titik. Biarlah dia mengungkapkan semua uneg2nya terlebih dahulu sampai selesai. Jangan menyela pembicaraannya. Berkomentarlah pada saat dia memang membutuhkan komentar kita.

2.    Tenangkanlah Dirinya
Maksud dia mengutarakan masalah pada kita adalah supaya dia mempunyai penyelesaian, atau paling tidak mendapatkan sedikit ketengangan. Maka jangan membuat masalahnya semakin rumit, jangan terlalu mengebu2 dan seakan2 kita memprovokasi dia meskipun menurut kita dia berada di pihak yang benar.

Misalnya saat dia mengetahui pacarnya selingkuh. Maka tenangkan dia, katakan bahwa dia bisa mendapatkan pasangan yang lebih baik, Tuhan menunjukkan itu karena Tuhan sayang sama dia dan tak ingin dia bersama orang yang buruk, atau yang lainnya. Bukannya malah kita malah menyulut emosi dia, misalnya dengan mengatakan pacarnya atau orang yang berselingkuh dengan pacarnya adalah golongan hewan (tahu kan maksudnya). Sehingga hal itu malah membuat dia semakin kalut.

Ingat, dia bercerita untuk mendapatkan dukungan dalam hal ketenangan bukan untuk mendapatkan dukungan dalam hal emosi.

3.    Setidaknya Buat Dia Tersenyum
Meskipun kita tidak/belum mendapatkan pemecahan masalah dia dengan gamblang, paling tidak buat dia tenang dalam menghadapi masalahnya. Buat dia merasa bahwa masih ada orang yang peduli dengan masalahnya. Jika dia menangis, berikan sapu tangan/tisu, pegang pundaknya, berikan pelukan sahabat ke dia (ini untuk cewek dan cewek lho ya, karena untuk cowok dan cowok mungkin sampai detik ini bakalan terlihat aneh, tahu kan maksud ane, wkwkwkwk...)

4.    Jaga Rahasia
Point yang terpenting adalah tutup mulut kita di hadapan orang lain. Si dia mungkin ingin agar masalahnya tidak diketahui orang lain. Jika kita yang diberi tahu, itu artinya kita adalah orang yang dipercaya. Jadilah orang yang bisa dipercaya dan menjaga rahasia. Jangan mengatakan curhatan kepada orang lain meskipun karena ada “yang nanya”. Ingat!! semua pertanyaan itu tidak semua harus kita jawab, apalagi menyangkut rahasia orang lain.

Sekian dari ane, terima kasih!!!

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar terhadap tulisan ini, tapi dengan kata2 yang baik ya! Heehehehe....